Perusahaan manufaktur di BEI (per sektor industri)

Perusahaan manufaktur di BEI terdiri dari sektor industri dasar dan kimia, sektor aneka industri dan sektor industri barang konsumsi. Di Indonesia terdapat banyak sekali perusahaan manufaktur. Berikut adalah kelompok perusahaan  yang sudah go pubic di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bisa juga disebut sebagai perusahaan publik atau perusahaan terbuka atau perusahaan tbk.

Per tanggal 25 Januari 2021, Bursa Efek Indonesia menerapkan klasifikasi baru Indonesia Stock Exchange Industrial Classification. Update dari halaman ini ada di sektor saham IDX-IC.

Sebelum IDX-IC (Indonesia Stock Exchange Industrial Classification) diberlakukan, semua perusahaan publik yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia atau BEI (d.h BEJ=Bursa Efek Jakarta) diklasifikasikan ke dalam 9 sektor klasifikasi industri yang ditetapkan oleh BEI yang disebut JASICAJakarta Stock Exchange Industrial Classification ).  

Perusahaan manufaktur adalah :
Perusahaan industri pengolahan yang mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Perusahaan manufaktur identik dengan pabrik yang mengaplikasikan mesin-mesin, peralatan, teknik rekayasa dan tenaga kerja.

Istilah ini bisa digunakan untuk aktivitas manusia mulai dari kerajinan tangan sampai ke produksi dengan teknologi tinggi. Namun demikian, istilah ini lebih sering digunakan untuk dunia industri, di mana bahan baku diubah menjadi barang jadi dalam skala besar.

Perusahaan manufaktur di BEI (perusahaan publik) berdasarkan JASICA

Bursa Efek Indonesia mengelompokkan perusahaan jenis ini kedalam klasifikasi sektor industri. Sektornya ada 3 yaitu: sektor industri dasar dan kimia | sektor aneka industri | sektor industri barang konsumsi. Sedangkan sub sektor nya ada 20.  Secara lengkap ke 20 sub sektor akan dijelaskan di paragraf berikut.

JASICA-Klasifikasi Sektor Industri-SahamU-02

Sektor Manufaktur di BEI

Industri dasar & kimia (sektor 3)

[31] Sub sektor Semen

[32] Sub sektor Keramik, Porselen & Kaca

[33] Sub sektor Logam & Sejenisnya

[34] Sub sektor Kimia

[35] Sub sektor Plastik & Kemasan

[36] Sub sektor Pakan Ternak

[37] Sub sektor Kayu & Pengolahannya

[38] Sub sektor Pulp & Kertas

Aneka industri (sektor 4)

[41] Sub sektor Mesin & Alat Berat

[42] Sub sektor Otomotif & Komponen

[43] Sub sektor Tekstil & Garment

[44] Sub sektor Alas Kaki

[45] Sub sektor Kabel

[46] Sub sektor Elektronika

[49] Sub sektor Lainnya

Industri barang konsumsi (sektor 5)

[51] Sub sektor Makanan & Minuman

[52] Sub sektor Rokok

[53] Sub sektor Farmasi

[54] Sub sektor Kosmetik & Barang Keperluan Rumah Tangga

[55] Sub sektor Peralatan Rumah Tangga

Arsip

 



Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

772 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Miftah kamal
Miftah kamal
2 years ago

Mohon maaf apakah ada laporan keberlanjutan dari perusahaan manufaktur periode 2015-2018? Terimakasih

devi
devi
2 years ago

assalamulaikum, saya devi mahasiswa tibgkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi, minta tolong dikirimkan data daftar perusahaan manufsktur 2016-2019

Sandi Agung Nugraha
Sandi Agung Nugraha
2 years ago

Assalamu’alaikum…mohon maaf sebelumnya saya mahasiswa tingkat akhir sedang menyelesaikan skripsi dan sedang membutuhkan data laporan keuangan perusahaan manufaktur tahun 2014-2018. Jika berkenan mohon mengirimkan datanya ke email saya sandiagung79@gmail.com

junariyah
junariyah
2 years ago

assalamualaiakum wr.wn
mohon maaf sebelumnya saya mahasiwa tingkat akhir sedang menyelesaikan tugas akhir skripsi ,saya membutuhkan daftar perusahaan propert dan real estate tahun 2015-2019 jika berkenan tolong kirim ke email junariyah719@gmail.com

Jessy P
Jessy P
2 years ago

Assalamualaikum. mohon maaf sebelumnya saya mahasiswa tingkat akhir sedang menyelesaikan tugas akhir skripsi dan membutuhkan data laporan keuangan untuk perusahaan manufaktur tahun 2016-2018. Mohon jika berkenan dan bersedia untuk dikirim ke email jnyngp@gmail.com , terimakasih

Putu Sulasni
Putu Sulasni
2 years ago

selamat malam, saya sulasni jurusan ekonomi, saya sedang membutuhkan daftar perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei tahun 2017-2019. jika berkenan mohon untuk mengirimkan datanya ke email saya putusulasni2005@gmail.com . terima kasih bapak/ibu.

Bagas Saputra
Bagas Saputra
2 years ago

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Siang Pak/Bu, saya Bagas dari Mahasiswa Akuntansi. Mau tanya untuk arsip perusahaan manufaktur tahun 2017 apakah ada?

Marta
Marta
2 years ago

Selamat malam pak/ibu. Saya mahasiswa jurusan ekonomi. Mohon maaf sebelumnya, saya membutuhkan data daftar perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2018 untuk keperluan skripsi saya. Jika berkenan mohon di kirim ke email saya ta.martabaun@gamil.com terima kasih banyak

Rifki
Rifki
2 years ago

Saya Rifki mahasiswa jurusan Akuntansi, saya sedang membutuhkan daftar perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei tahun 2015-2018. Jika berkenan mohon untuk dikirimkan ke email saya maulanaramadan01@gmail.com Terimakasih bapak/ibu.

Amanda Denaneer
Amanda Denaneer
2 years ago

Selamat sore, saya Amanda Denaneer mahasiswa jurusan Akuntansi. saya butuh data perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018 beserta annual reportnya, jika berkenan mohon untuk kirimkan ke email amandadenaneer@gmail.com, terima kasih.

Kastina
2 years ago

Selamat pagi, saya kastina mahasiswa jurusan akuntansi. Saya butuh data manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016 beserta annual reportnya, jika berkenan mohon untuk mengirimkan datanya ke email saya
Kastinalaia98@gmail.com terimakasih bapak/ibu.