Sektor industri barang konsumsi di BEI (kode JASICA 5)

JASICA diperkenalkan pada tanggal 2 Januari 1996 adalah klasifikasi industri dari perusahaan yang menjual saham di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Klasifikasi JASICA memiliki 9 sektor. Perusahaan sektor industri barang konsumsi merupakan perusahaan manufaktur yaitu perusahaan industri pengolahan yang mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Perusahaan manufaktur identik dengan pabrik yang mengaplikasikan mesin-mesin, peralatan, teknik rekayasa dan tenaga kerja. Istilah ini bisa digunakan untuk aktivitas manusia mulai dari kerajinan tangan sampai ke produksi dengan teknologi tinggi. Namun demikian, istilah ini lebih sering digunakan untuk dunia industri, di mana bahan baku diubah menjadi barang jadi dalam skala besar.

Per tanggal 25 Januari 2021, Bursa Efek Indonesia menerapkan klasifikasi baru. Update dari halaman ini ada di sektor saham IDX-IC.

JASICA-Klasifikasi Sektor Industri-SahamU-02

Sektor Industri Barang Konsumsi (kode sektor 5)

Sektor Industri barang konsumsi ( Consumer goods industry ) meliputi usaha pengolahan yang mengubah bahan dasar/setengah jadi menjadi barang jadi yang umumnya dapat dikonsumsi pribadi/rumah tangga.

Silahkan klik link di masing-masing sub sektor untuk melihat daftar perusahaannya.

No Kode Sektor JASICA Nama Sektor JASICA
1 51 Makanan & Minuman
(Food & Baverages)
2 52 Rokok
(Tobacco Manufactures)
3 53 Farmasi
(Pharmaceuticals)
4 54 Kosmetik & Barang Keperluan Rumah Tangga
(Cosmetics & Household)
5 55 Peralatan Rumah Tangga
(Houseware)
6 59 Industri Barang Konsumsi lainnya
(Others)

Produk-produk dari perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sering kita nikmati sehari-hari. Berikut contoh produk makanan dan minuman :

Produk makanan dan minuman.

  • Air mineral Ades, Bir Anker
  • Produk-produk Tiga Pilar Sejahtera: Bakmi Ayam 2 Telor, Superior Spesial, YUMI, BJSB, BPBODE. Mie instan Xprezzo,  Hahamie, Mikita Kaldu Ayam, Mikita Ayam Pedas, Mikita Goreng. PIO Keju, PIO Susu Stoberi, PIO Wafer Stick, Mie Kremezz (Ayam Panggang & Jagung Bakar),  permen Din Din, Juz’n Juz, Gulas Plus
  • Produk Indofood: mie instan Indomie, Supermie, Sarimi, Popmie, Popbihun, Mi Sakura, Mie Telur 3 Ayam. Indomilk, Cap Enak, Tiga Sapi, Kremer, Crima, Indo Eskrim, Orchid Butter. Sambal Indofood, Bumbu Spesial Indofood, Bumbu Racik, Maggi, Freiss, Kecap Indofood, Kecap Enak. Chiki Snack, Chitato, Cheetos, Jetz, Lays, Qtela, Trenz. Promina, SUN. Minyak goreng Bimoli, Happy salad oil, Palmia margarin. Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru. Pasta LaFonte.

Arsip

Industri barang konsumsi 2018 di BEI (nama, kode saham, IPO)

Artikel lain terkait sektor barang konsumsi:

Daftar Sektor BEI

Perusahaan Publik Manufaktur BEI

Manufaktur 2011

Manufaktur 2010

Manufaktur 2009

Manufaktur 2008

Manufaktur 2007

Daftar semua sektor di BEI

Daftar emiten atau perusahaan publik selengkapnya (urut abjad)

Download laporan keuangan perusahaan publik

Download annual report perusahaan publik



52 thoughts on “Sektor industri barang konsumsi di BEI (kode JASICA 5)”

  1. Assalamualaikum pak,saya mahasiswa tingkat akhir dan sedang menyusun skripsi .Bolehkah saya minta bantuan untuk data perusahaan makanan dan minuman yg terdaftar di BEI selama periode 2014-2018 pak?
    Kalau boleh,mohon kirim ke email : fentinurlen11@gmail.com
    Terimakasih atas bantuannya pak.

Tuliskan komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.