Saham energi (sektor A) di IDX Industrial Classification

Daftar saham energi (sektor A) di IDX Industrial Classification (IDX-IC). Klasifikasi oleh Bursa Efek Indonesia ini mengelompokkan perusahaan tercatat berdasarkan eksposur pasar atas barang atau jasa akhir yang diproduksi. Oleh karena itu, metode klasifikasi IDX-IC ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi para penggunanya terkait kelompok perusahaan dengan eksposur pasar yang sejenis.

IDX-IC memiliki 4 tingkat klasifikasi yang terdiri dari 12 Sektor, 35 Sub-sektor, 69 Industri, 130 Sub-industri.

Struktur IDX-IC

Daftar saham energi (sektor A IDX-IC)

Daftar saham energi, berada dalam sektor A di IDX Industrial Classification. Sektor Energi mencakup perusahaan yang menjual produk dan jasa terkait dengan ekstraksi energi yang mencakup energi tidak terbarukan (fossil fuels) sehingga pendapatannya secara langsung dipengaruhi oleh harga komoditas energi dunia, seperti perusahaan Pertambangan Minyak Bumi, Gas Alam, Batu Bara, dan perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa yang mendukung industri tersebut. Selain itu sektor ini juga mencakup perusahaan yang menjual produk dan jasa energi alternatif.

Silahkan klik link di masing-masing sektor untuk melihat daftar sahamnya.

No Kode Sektor Nama Sektor
1 A111 Produksi & Penyulingan Minyak & Gas
Oil & Gas Production & Refinery

Perusahaan yang melakukan eksplorasi, produksi, atau penyulingan minyak dan gas.

2 A112 Penyimpanan & Distribusi Minyak & Gas
Oil & Gas Storage & Distribution

Perusahaan yang menyediakan jasa penyimpanan atau jasa distribusi dan transportasi, baik dengan menggunakan jaringan pipa maupun alat transportasi atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak dan perusahaan yang melakukan jual beli Minyak dan Gas.

3 A121 Produksi Batu Bara
Coal production 

Perusahaan yang melakukan eksplorasi dan produksi batu bara dan lignit.

4 A122 Distribusi Batu bara
Coal Distribution

Perusahaan yang menyediakan jasa transportasi atas dasar balas jasa (fee) dan perusahaan yang melakukan jual beli batu bara.

5 A131 Jasa Pengeboran Minyak & Gas
Oil & Gas Drilling Service

Perusahaan yang menyediakan jasa pengeboran secara langsung, pemasangan alat pengeboran minyak dan gas di lokasi pertambangan atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak.

6 A132 Jasa & Perlengkapan Minyak, Gas, & Batu Bara
Oil, Gas & Coal Equipment & Services

Perusahaan yang memproduksi perlengkapan ekstraksi energi seperti bor dan rig, jasa yang berhubungan dengan pengambilan minyak bumi, gas alam, bijih batu bara, perbaikan dan pembongkaran pinggiran sumur minyak dan gas, membuat observasi geologi.

7 A211 Peralatan Energi Alternatif
Alternative Energy Equipment

Perusahaan yang melakukan produksi peralatan pembangkit energi dari sumber energi terbarukan dari sinar matahari, angin, air, panas bumi, biomassa.

8 A221 Bahan Bakar Alternatif
Alternative Fuels

Perusahaan yang melakukan produksi bahan bakar alternatif seperti bahan bakar nabati (biodiesel), bahan bakar hidrogen, bahan bakar etanol, uranium.

Daftar saham per sektor IDX



Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments