Pengertian kepemilikan institusional saham

Dalam terminologi di bursa saham, pengertian kepemilikan institusional dalam bahasa Inggris sering diistilahkan dengan Institutional Ownership atau Institutional Sponsorship.

Pengertian kepemilikan institusional

Kepemilikan institusional adalah kepemilikan jumlah saham perusahaan oleh lembaga keuangan non bank dimana lembaga tersebut mengelola dana atas nama orang lain

Pengertian kepemilikan institusional

Lembaga-lembaga ini dapat berupa 

  • Perusahaan Reksa Dana,
  • Perusahaan Dana Pensiun,
  • Perusahaan Asuransi,
  • Perusahaan Investasi,
  • Yayasan swasta, wakaf atau badan besar lainnya yang mengelola dana atas nama orang lain.

Bank secara umum tidak dimasukkan kedalam kategori kepemilikan institusional, karena secara core business dana nasabah ( tabungan ) tidak dikelola oleh bank untuk diinvestasikan di bursa untuk membeli saham. 

Kata kunci kepemilikan institusional adalah menggunakan (mengelola) dana orang banyak untuk membeli (berinvestasi) di saham.

Akan tetapi, saat ini beberapa bank ada yang mengkhususkan diri sebagai investment bank ( bank investasi ), dimana bank memiliki unit bisnis reksadana (mutual fund). Bank dengan kategori ini dapat dimasukkan sebagai kepemilikan institusional.

Pertanyaan akan muncul sebagai berikut :

Kenapa harus non bank dan mengelola dana pihak ketiga? Apa perbedaannya dengan institusi yang tidak mengelola dana pihak ketiga? Siapa yang membuat definisi seperti itu?

Definisi dengan menekankan mengelola dana pihak ketiga ini hanya merupakan konsensus para pelaku bursa untuk mengidentifikasi perusahaan yang berpeluru banyak (untuk membeli saham di bursa).  Bank mungkin saja membeli saham menggunakan dana internalnya, namun tentu tidak sebesar kemampuan sebuah perusahaan dana pensiun yang dapat menggunakan seluruh dana yang dikelolanya untuk membeli saham.

Kriteria ini berkaitan dengan siapa yang berpeluru banyak untuk membeli saham. Dana sendiri versus dana orang banyak ( pihak ketiga )

Sebagai gambaran, sebuah perusahaan (bank) mungkin menyisihkan sebagian dana internalnya ( katakanlah 10 trilyun ) untuk membeli saham. Sebuah mutual fund mampu membelanjakan dana orang lain yang dikelola nya lebih dari 1000 trilyun.



Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

33 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Wenny Lim
Wenny Lim
4 years ago

Selamat sore Pak. jadi apakah pemerintah tidak termasuk kepemilikan institusional? Terima kasih sebelumnya.

Menik P
Menik P
4 years ago

hello pak/ibu, saya mau tanya, apakah saham masyarakat lain2 itu termasuk saham institusional? Mohon bantuannya untuk mnyelesaikan skripsi saya.. Terimakasih

nisa
4 years ago

apakah broker termasuk kepeda kepemilikan institusional ?

Rizki
Rizki
4 years ago

permisi..mau tanya
apasih perbedaan dari kepemilikan institusional dengan kepemilikan blockholder? dan apakah kepemilikan institusional merupakan bagian dari kepemilikan block ataukah sebaliknya?
mohon bantuannya …

Gisca
Gisca
4 years ago

Permisi pak saya mau tanya, untuk rekomendasi buku terkait dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan kepemilikan keluarga apa ya?
Dan artikel ini rujukannya dari jurnal/ buku apa ya?
Terimakasih ??

missisipi
missisipi
5 years ago

bantu jawab aja, kepemilikan manajerial dapat dilihat di laporan keuangan maupun laporan tahunan

Lia Farametha Lyvia
Lia Farametha Lyvia
5 years ago

Maaf mau tanya ini referensi buku siapa ya kalau boleh tau? Terima kasih

windi
5 years ago

mohon bantuannya pak. saya meneliti mengenai kepemilikan manajerial. bisa tolong jelaskan mengenai kepemilikan manajerial pak? dan di manakah data dapat di lihat?.terimakasih

missisipi
missisipi
5 years ago
Reply to  windi

bantu jawab aja, kepemilikan manajerial dapat dilihat di laporan keuangan maupun laporan tahunan

Irma wati
Irma wati
5 years ago

permisi pak kepemilikan manajerial itu ciri-cirinya bagaimana ya, dilihat diLKT bagian mana? terimakasih

andri
andri
5 years ago
Reply to  Irma wati

bagaimana cara melihat kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional didalam laporan tahunan? dilihat dibagian mana pak? terimakasih

Yolanda
Yolanda
5 years ago

Selamat pagi pak. Saya sedang meneliti mengenai pengaruh kepemilikan pemerintah. Perusahaan yang diteliti adalah perusahaan manufaktur baik Perusahaan milik pemerintah maupun swasta. Pertanyaan saya adalah, apakah kepemilikan pemerintah hanya berada pada BUMN saja ? Apakah kepemilikan pemerintah tidak terdapat pada perusahaan swasta ?