Contoh Perusahaan Manufaktur di Indonesia

Perusahaan manufaktur adalah Perusahaan industri pengolahan yang mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Perusahaan manufaktur identik dengan pabrik yang mengaplikasikan mesin-mesin, peralatan, teknik rekayasa dan tenaga kerja. Istilah ini bisa digunakan untuk aktivitas manusia mulai dari kerajinan tangan sampai ke produksi dengan teknologi tinggi. Namun demikian, istilah ini lebih sering digunakan untuk dunia industri, di mana bahan baku diubah menjadi barang jadi dalam skala besar. Banyak sekali contoh perusahaan manufaktur atau industri manufaktur di Indonesia.

Contoh perusahaan manufaktur di Sektor industri dasar & kimia

Perusahaan manufaktur (manufacturing) atau industri manufaktur di indonesia yang sudah go pubic di Bursa Efek Indonesia (BEI) dikelompokkan kedalam sektor dan sub sektor. Sektornya ada 3 dalam klasifikasi JASICA yaitu: sektor industri dasar dan kimia | sektor aneka industri | sektor industri barang konsumsi. Sedangkan sub sektor nya ada 20.  Berikut contoh perusahaan manufaktur di Indonesia, diambil dari daftar perusahaan go public yang tercatat di Bursa EFek Indonesia.

1. Semen Indonesia 

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri dasar & kimia yang memproduksi semen untuk material konstruksi.  PT  Semen Indonesia terdaftar di Bursa Efek ndonesia dengan kode saham SMGR. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor B121.

Produk Semen Indonesia-Contoh Perusahaan Manufaktur

Produk Semen Indonesia-Contoh Perusahaan Manufaktur

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) adalah produsen semen yang terbesar di Indonesia. Pada tanggal 20 Desember 2012, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk resmi berganti nama dari sebelumnya bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk.[1] Diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun. Pada tanggal 8 Juli 1991 Semen Gresik tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya sehingga menjadikannya BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat.

Pada tanggal 20 Desember 2012, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan, resmi mengganti nama dari PT Semen Gresik (Persero) Tbk, menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penggantian nama tersebut, sekaligus merupakan langkah awal dari upaya merealisasikan terbentuknya Strategic Holding Group yang ditargetkan dan diyakini mampu mensinergikan seluruh kegiatan operasional. Saat ini kapasitas terpasang Semen Indonesia sebesar 29 juta ton semen per tahun, dan menguasai sekitar 42% pangsa pasar semen domestik. Semen Indonesia memiliki anak perusahaan PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, Thang Long Cement, dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.

2. Arwana Citra Mulia

PT Arwana Citra Mulia Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri dasar & kimia yang memproduksi keramik serta  produk dan perlengkapan bangunan lainnya. PT Arwana Citra Mulia terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham ARNA. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor  C121.

Sejak mulai beroperasi pada tahun 1995, Arwana Citra Mulia  mengembangkan keahlian dalam memproduksi produk berkualitas tinggi dengan desain kreatif. Portofolio produknya sangat beragam meliputi motif seperti Embossed, Fancy, Marble, Plain, Granity, Rustic, Strata dan Wood, dan ukuran seperti 20×20, 20×25, 25×25, 25×40, 25×50, 40×40 dan 50x50cm.

Arwana Citra Mulia  telah memperoleh beberapa sertifikasi industri yang dikeluarkan oleh lembaga nasional maupun organisasi regional dan internasional untuk standardisasi, antara lain Proper Hijau dan SNI (Indonesia), SIRIM (regional) dan ISO (internasional).

Arwana mengoperasikan lima pabrik yang berlokasi di lima lokasi berbeda. Pabrik I dan Pabrik II, masing-masing di Tangerang dan Serang, melayani pasar domestik di Indonesia bagian barat. Plant III yang berlokasi di Gresik sebagian besar melayani konsumen di Indonesia bagian timur, sedangkan Plant IV di Ogan Ilir melayani pasar di Pulau Sumatera. Fasilitas produksi terbaru kami adalah Pabrik V yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur, yang mulai beroperasi pada awal tahun 2016. Pabrik V telah ditunjuk untuk memproduksi ubin dinding. Per tahun 2018, Arwana memiliki total kapasitas terpasang sebesar 57,37 juta meter persegi per tahun dengan rencana perluasan lebih lanjut di tahun-tahun mendatang.

3. Alumindo Light Metal Industry

PT Alumindo Light Metal Industry Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri dasar & kimia yang memproduksi logam aluminium dan sejenisnya. Alumindo Light Metal Industry terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham ALMI. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor B141.

PT Alumindo Light Metal Industry Tbk. (ALMI) merupakan produsen aluminium lembaran terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, ALMI didirikan pada tahun 1978 dan beroperasi secara komersial pada permulaan tahun 1983, dengan kapasitas produksi sebesar 12.000 ton dan 4.800 ton per tahun untuk masing-masing jenis produk aluminium sheet dan aluminium foil.

Pada awalnya produk-produk yang dihasilkan ALMI ditujukan untuk memenuhi pasokan bahan dasar untuk produksi beragam produk peralatan rumah tangga kelompok usaha Maspion dan produk kemasan untuk pasar Indonesia. Seiring dengan permintaan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, ALMI secara bertahap meningkatkan kapasitas produksi, yang hingga saat ini mencapai 144.000 ton untuk produk aluminium sheet dan 18.000 ton untuk aluminium foil.
ALMI terus melakukan penambahan serta pembaharuan sarana produksi yang mengadopsi teknologi terkini untuk menunjang kelancaran proses produksi serta menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, sehingga semakin memperkokoh posisinya sebagai pemain utama dalam bisnis aluminium lembaran di kawasan Asia Tenggara.

4. Chandra Asri Petrochemical

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri dasar & kimia yang memproduksi barang kimia dasar. Chandra Asri Petrochemical terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham TPIA. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor B111.

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) didirikan tanggal 2 November 1984 dengan nama PT Tri Polyta Indonesia dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1993. Chandra Asri berdomisili di Jakarta dengan pabrik berlokasi di Desa Gunung Sugih, Banten. Kantor pusat Chandra Asri beralamat di Wisma Barito, Jakarta.

Chandra Asri adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan (petrokimia) yang mengoperasikan satu-satunya Naphtha Cracker terintegrasi di Indonesia untuk menghasilkan Olefin (Ethylene, Propylene), Pygas dan Mixed C4 serta Polyolefin (Polyethylene dan Polypropylene). Chandra Asri adalah produsen tunggal Styrene Monomer (sejak 2007) di Indonesia dan mengoperasikan satu-satunya pabrik Butadiene (sejak 2013) di Indonesia yang menggunakan Mixed X4 yang dihasilkan dari pabrik Olefin.

Sejak tahun 2018, Chandra Asri menjadi produsen tunggal untuk produk Styrene Butadiene Rubber (karet sintetis) melalui perusahaan patungannya dengan Compagnie Financiere Michelin (produsen ban multinasional), PT Synthetic Rubber Indonesia. 

Chandra Asri juga mengoperasikan 3 (tiga) Jetty untuk melabuhkan bahan baku.. Chandra Asri juga memiliki on-site warehouse di Cilegon dan satelit warehouse di Surabaya dan Solo. Fasilitas pendukung lain yang mereka miliki adalah generator turbin gas, generator turbin uap, boiler, fasilitas pengolahan air, sistem air pendingin, sistem pemadam kebakaran, tangki penyimpanan bahan baku dan produk.

Melalui fasilitas produksi terintegrasi yang berada di Cilegon dan Serang, Chandra Asri menghasilkan bahan baku plastik dan produk petrokimia dasar yang digunakan untuk kemasan, pipa, otomotif, elektronik, dan berbagai produk lainnya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Asiaplast Industries

PT Asiaplast Industries Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri dasar & kimia yang memproduksi plastik dan kemasan. Asiaplast Industries terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham APLI. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor B113.

Perseroan didirikan di Medan 5 Agustus 1992 dengan nama PT Adikarya Perkasa. Perseroan awalnya bergerak di bidang perdagangan bahan baku plastik dan lembaran plastik. Seiring dengan perkembangan usahanya, Perseroan memindahkan kantor pusatnya ke Jakarta pada tahun 1995.

Tahun 1997, Perseroan mengubah nama menjadi PT Asiaplast Industries. Di Ibukota, laju pertumbuhan usaha Perseroan semakin pesat, hingga akhirnya Perseroan melaksanakan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 1 Mei 2000 dengan kode saham APLI.

Saat ini Perseroan dikenal sebagai perusahaan Industri dan Perdagangan Flexible Film & Sheet, Leatherette, Rigid Film & Sheet dan PET Sheet terkemuka di Indonesia.

6. Charoen Pokphand Indonesia

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri dasar & kimia yang memproduksi pakan ternak. Charoen Pokphand Indonesia  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham CPIN. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor D231.

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (”Perseroan”) didirikan di Indonesia dengan nama PT Charoen Pokphand Indonesia Animal Feedmill Co. Limited, berdasarkan Akta Notaris Drs. Gde Ngurah Rai, S.H., No. 6 tanggal 7 Januari 1972, sebagaimana telah diubah dengan Akta No. 5 tanggal 7 Mei 1973 oleh Notaris yang sama. Akta pendirian tersebut telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. YA-5/197/21 tanggal 8 Juni 1973 dan telah diumumkan dalam Berita Negara No. 65, Tambahan No. 573, tanggal 14 Agustus 1973.

Anggaran Dasar Perseroan telah mengalami beberapa kali perubahan, terakhir dengan Akta Notaris Fathiah Helmi, S.H. No. 65 tanggal 26 Juli 2021. Akta tersebut telah disetujui oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Keputusan No. AHU-0045644.AH.01.02.TAHUN 2021 tanggal 25 Agustus 2021.

Berdasarkan Anggaran Dasar terakhir, kegiatan usaha Perseroan adalah:

  • Pembibitan Ayam Ras
  • Kegiatan Rumah Potong dan Pengepakan Daging Bukan Unggas
  • Kegiatan Rumah Potong dan Pengepakan Daging Unggas
  • Industri Pengolahan dan Pengawetan Produk Daging dan Daging Unggas
  • Industri Pembekuan Buah-Buahan dan Sayuran
  • Industri Tepung Campuran dan Adonan Tepung
  • Industri Makanan dan Masakan Olahan
  • Industri Bumbu Masak dan Penyedap Masakan
  • Industri Ransum Makanan Hewan
  • Industri Produk Farmasi untuk Hewan
  • Industri Barang Dari Plastik Untuk Pengemasan
  • Industri Perlengkapan dan Peralatan Rumah Tangga (TidakTermasuk Furnitur)
  • Perdagangan Besar Binatang Hidup
  • Perdagangan Besar Daging Ayam dan Daging Ayam Olahan
  • Pergudangan dan Penyimpanan
  • Aktivitas Cold Storage
  • Budidaya Ayam Ras Pedaging
  • Industri Pengeringan Buah-Buahan dan Sayuran
  • Industri penggilingan dan pembersihan jagung
  • Industri Minuman Ringan
  • Industri Air Kemasan
  • Industri Minuman Lainnya
  • Industri Bahan Farmasi Untuk Hewan
  • Perdagangan Besar Daging Sapi dan Daging Sapi Olahan
  • Perdagangan Besar Daging Ayam dan Daging Ayam Olahan
  • Perdagangan Besar Daging dan Daging Olahan Lainnya
  • Perdagangan Besar Hasil Olahan Perikanan
  • Perdagangan Besar Telur dan Hasil Olahan Telur
  • Perdagangan Besar Makanan dan Minuman Lainnya

7. Sumalindo Lestari Jaya

PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri dasar & kimia yang memproduksi kayu. Sumalindo Lestari Jaya  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham SULI. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor B151.

8. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia

PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri dasar & kimia yang memproduksi kertas. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham TKIM. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor B152.

Contoh perusahaan manufaktur di Sektor Aneka Industri

Perusahaan manufaktur (manufacturing) atau industri manufaktur di indonesia yang sudah go pubic di Bursa Efek Indonesia (BEI) dikelompokkan kedalam sektor dan sub sektor. Sektornya ada 3 dalam klasifikasi JASICA yaitu: sektor industri dasar dan kimia | sektor aneka industri | sektor industri barang konsumsi. Sedangkan sub sektor nya ada 20.  Berikut contoh perusahaan manufaktur di Indonesia, diambil dari daftar perusahaan go public yang tercatat di Bursa EFek Indonesia.

1. Grand Kartech

PT Grand Kartech Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor aneka industri yang memproduksi mesin dan komponen perindustrian. Grand Kartech  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham KRAH. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor C143.

Grand Kartech  adalah perusahaan rekayasa & manufaktur yang mampu merancang, dan membangun peralatan dan mesin yang melayani berbagai sektor industri. Grand Kartech memiliki kemampuan  dalam mengintegrasikan sistem, yang terdiri dari kombinasi teknik kimia, teknik mesin, kelistrikan & instrumentasi, serta teknologi informasi.

2. Astra Otoparts

PT Astra Otoparts Tbk  adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor aneka industri yang memproduksi komponen otomotif. Astra Otoparts  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham AUTO. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor E111.

Astra Otoparts merupakan grup perusahaan komponen otomotif terbesar dan terkemuka di Indonesia yang memproduksi dan mendistribusikan beranekaragam suku cadang kendaraan bermotor roda dua dan roda empat.

 

3. Eratex Djaya

PT Eratex Jaya Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor aneka industriyang memproduksi  tekstil dan garmen. Eratex Jaya  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham  ERTX. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor E411.

4. Primarindo Asia Infrastructure

PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk  adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor aneka industri yang memproduksi alas kaki. Primarindo Asia Infrastructure  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham BIMA. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor E412.

5. Supreme Cable Manufacturing and Commerce

PT Supreme Cable Manufacturing and Commerce Tbk   adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor aneka industri yang memproduksi komponen dan peralatan kelistrikan. Supreme Cable Manufacturing and Commerce  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham SCCO. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor C131.

6. Sat Nusa Persada

PT Sat Nusa Persada Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor aneka industri yang memproduksi peralatan jaringan. Sat Nusa Persada  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham PTSN. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor I211.

Contoh Perusahaan Manufaktur di Sektor Industri Barang Konsumsi

Perusahaan manufaktur (manufacturing) atau industri manufaktur di indonesia yang sudah go pubic di Bursa Efek Indonesia (BEI) dikelompokkan kedalam sektor dan sub sektor. Sektornya ada 3 dalam klasifikasi JASICA yaitu: sektor industri dasar dan kimia | sektor aneka industri | sektor industri barang konsumsi. Sedangkan sub sektor nya ada 20.  Berikut contoh perusahaan manufaktur di Indonesia, diambil dari daftar perusahaan go public yang tercatat di Bursa EFek Indonesia.

1. Indofood CBP Sukses Makmur

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri barang konsumsi yang memproduksi makanan olahan. Indofood CBP Sukses Makmur  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham ICBP. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor D222.

ICBP adalah salah satu pemain yang mapan dan terkemuka di sektor produk konsumen bermerek. ICBP bergerak dalam kategori bisnis yang beragam, termasuk mie, susu, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, dan minuman. ICBP juga mengoperasikan bisnis pengemasan, memproduksi kemasan fleksibel dan bergelombang untuk produk-produk ICBP sendiri.

Operasi bisnis ICBP didukung oleh lebih dari 60 pabrik yang berlokasi di area utama di seluruh Indonesia. Selain Indonesia, ICBP juga mengekspor produknya ke seluruh dunia. Sebagai bagian dari strategi ekspansi bisnis inti, ICBP mengakuisisi Pinehill Company Limited, produsen mi instan dengan lebih dari 20 fasilitas manufaktur di Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Tenggara, menjadikan ICBP salah satu produsen mi instan terbesar di dunia dengan pangsa pasar yang kuat secara global.

2. Gudang Garam

PT Gudang Garam Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri barang konsumsi yang memproduksi rokok.

Produk Gudang Garam - Contoh Perusahaan Manufaktur

Gudang Garam  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham GGRM. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor D311.

3. Kalbe Farma

PT Kalbe Farma Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri barang konsumsi yang memproduksi barang farmasi. Kalbe Farma  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham KLBF. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor F211.

4. Unilever Indonesia

PT Unilever Indonesia Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri barang konsumsi yang memproduksi produk perawatan tubuh. Unilever Indonesia  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham UNVR. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor D421.

5. Kedawung Setia Industrial

PT Kedawung Setia Industrial Tbk adalah contoh perusahaan manufaktur di sektor industri barang konsumsi yang memproduksi wadah dan kemasan. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham TKIM. Berada dalam klasifikasi IDX IC sektor B131.



Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

9 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
mardi
mardi
4 years ago

aasalamalaikum kak, apakah boleh saya meminta data perusahaan manufaktur yg terdaftar di bei 2017-2018. mohon bantuannya untuk mengerjakan skripsi email: mardysaputraa@gmail.com

Amdona
Amdona
4 years ago

Assalamualaikum kak, mohon maaf sebelumnya sya mahasiswa semester akhir ingin meminta data perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dari tahun 2014 sampe 2019. Mohon bantuan nya untuk keperluan dalam menyelesaikan skripsi saya bisa dikirim melalu email megaamdona@gmail.com terimakasih, mohon bantuannya kak 🙏

Priani
Priani
4 years ago

Hallo selamat malam kak, mohon maaf sebelumnya saya mahasiswa semester akhir apa boleh saya meminta data perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2018? Mohon bantuannya untuk keperluan dalam menyelesaikan skripsi saya bisa dikirim lewat email saya, komangpriani28@gmail.com
Terimakasih? Mohon bantuannya

Sri Saputri
Sri Saputri
4 years ago

Assalamualaikum. Apakah boleh saya meminta laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar d BEI 2016-2019. Mohon bantuannya untk ke perluan skripsi saya. Untk data tersebut bisa d krim lwat email sya. srisaputri6@gmail.com.

faradilla margaretha
faradilla margaretha
4 years ago

assalamualaikum wr wb,
saya mahasiswa semester akhir, saya meminta tolong kirannya bapak/ibu membantu saya untuk memberikan info mengenai perusahaan manufatur multinasional di indonesia tahun 2017 – 2019, mohon bantuannya ini alamat email saya faradillamargaretha13@gmail.com

Arif Arsad
4 years ago

Assamualaikum wr,wb slamat pagi pak atau ibu maaf mengganggu waktunya saya mahasiswa semester akhir saya membutuhkan daftar perusahan sektor manufaktur periode 2016 sampai 2018 yang terdapat di bursa efek indonesia dan perusahan sektor manufaktur yang melakukan aktivisas hedging pada periode 2016 sampai 2018.
# Mohon bantuanya atas tugas akhir yang sedang saya jalankan saat ini, untuk datanya bisa
kirim ke Email saya arifarsadkuba@gmail.com
willahitaufikwalidaya wasalamualaikum wr,wb
Trimah kasih.

AROFFATUR ROHMA
AROFFATUR ROHMA
4 years ago

assalamu’alaikum, mohon maaf,saya mahasiswi semester akhir . Bolehkah saya meminta data perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014- 2018 ? untuk keperluan penelitian skripsi saya. untuk data bisa dikirimkan melalui email saya rrohma8@gmail.com
terimakasih sebelumnya

D
D
4 years ago

assalamualaiku.. saya mahasiswa akhir yang sedang menyelesaikan skripsi mohon bantuannya apabila sudah mendapatkan data perusahaan manufaktur dan laporan keuangan dan tahunannya periode 2016-2018, dapat berkenan untuk membagikannya ke email dianbusyran@gmail.com terima kasih

Nazila
Nazila
5 years ago

Assalamualaikum, selamat malam. Apakah saya boleh meminta data perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2017? Mohon bantuannya untuk keperluan skripsi saya. Untuk data perusahaan tersebut bisa dikirimkan melalui email saya, alfiyasahra71@gmail.com
Terimakasih. 🙂