CANSLIM Huruf M dalam Seleksi Saham

CANSLIM

CANSLIM Huruf M

CANSLIM huruf M. Huruf M dalam CANSLIM adalah:

Market Direction: How to Determine It

Arah Pasar: Bagaimana menentukannya

Meskipun anda telah melakukan seleksi target saham sesuai dengan rumusan-rumusan dari CANSLI (minus M), tetapi jika anda salah menilai arah pasar, maka anda bisa mengalami kerugian yang besar seperti yang dialami banyak orang di tahun 2008 (termasuk saya :D).

Analisa arah pasar melibatkan kemampuan menganalisa grafik harga saham.  Grafik dapat memberitahu kejadian-kejadian yang tidak lazim berkaitan dengan volume individual saham yang diperdagangkan maupun volume transaksi bursa keseluruhan. Jika terjadi transaksi besar, secara normal harga akan naik. Jika bursa atau individual saham malah bergerak turun berarti ada yang perlu diwaspadai.

Dengan kata kata lain, kemampuan menganalisa arah pasar membutuhkan skill Technical Analysis.

 CAN SLIM ® adalah trademark dari Investor Business Daily.



0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
daniel
daniel
10 years ago

Sy seorang trader saham yang terbilang baru,baru trading mulai tahun 2004 sampai sekarang, sy membaca “how to make money in stock” william J. Oneil tahun 2005, ancangan trading yang disingkat menjadi CAN SLIM menurut sy sangat handal untuk dapat menjadi trader yang baik, apalagi kedisiplinan untuk cut loss tidak sampai 10% dari buy point kita,sangat menolong dalam menghadapi bear market,sampai sekarang saya masih memakai ancangan trading W.Oneil,penggunaan Fundamental analisis seperti cari perusahaan yang labanya naik,ROE minimal 17%,DER yang tidak terlalu besar,laba kejutan dan yang sy senang penggunaan Analisa teknikal yang sederhana seperti MA 50 dan MA 200,pola-polanya juga tidak telalalu… Read more »

Edison
10 years ago
Reply to  daniel

Salam kenal Pak Daniel. Senang bisa berbagi informasi seputar CANSLIM dengan anda. Wah anda lebih senior, anda mulai terjun ke bursa lebih dulu dari saya. Saya baru mulai terjun Februari 2006. Tapi membaca buku nya O’Neil kelihatannya kita di tahun yang sama. Tahun 2005.