Apa itu kode ISIN? (Arti, Bagaimana, Kenapa)

Apa itu kode ISIN?

Apa itu kode ISIN?. ISIN adalah singkatan dari International Securities Identification Numbers (Nomor Identifikasi Sekuritas Internasional)  adalah kode alfanumerik 12 digit yang secara unik mengidentifikasi sekuritas tertentu. Organisasi yang mengalokasikan ISIN di negara tertentu adalah National Numbering Agency (NNA) masing-masing negara. Struktur dan penggunaan kode ISIN didefinisikan dalam ISO 6166.

Hal Penting

  • ISIN adalah kode alfanumerik 12 digit yang secara unik mengidentifikasi keamanan tertentu.
  • Nomor tersebut dialokasikan oleh badan penomoran nasional masing-masing negara (NNA).
  • ISIN tidak sama dengan simbol ticker, yang mengidentifikasi saham di tingkat bursa. ISIN adalah nomor unik yang ditetapkan untuk keamanan yang dapat dikenali secara universal.
  • ISIN digunakan untuk berbagai alasan termasuk kliring dan penyelesaian. Angka-angka tersebut memastikan format yang konsisten sehingga kepemilikan investor institusional dapat dilacak secara konsisten di seluruh pasar di seluruh dunia.

Pengertian International Securities Identification Number (ISIN)

ISIN sering dikacaukan dengan simbol ticker , yang mengidentifikasi saham di tingkat bursa. Misalnya, menurut Organisasi ISIN, saham biasa IBM diperdagangkan di hampir 25 bursa dan platform perdagangan, dan sahamnya memiliki simbol ticker yang berbeda tergantung di mana ia diperdagangkan. Namun, saham IBM hanya memiliki satu ISIN untuk setiap sekuritas.1 Kode ISIN adalah satu-satunya nomor identifikasi sekuritas umum yang diakui secara universal. ISIN digunakan untuk berbagai alasan, termasuk kliring dan penyelesaian.

Semua penerbit sekuritas yang diperdagangkan secara internasional didesak untuk menggunakan skema penomoran ISIN, yang sekarang menjadi standar yang diterima oleh hampir semua negara. Baik Amerika Serikat dan Kanada menggunakan skema serupa, yang dikenal sebagai nomor CUSIP .2 3

Kode ISIN memiliki total 12 karakter yang terdiri dari huruf dan angka. Ini termasuk negara tempat perusahaan penerbit berkantor pusat (dua digit pertama), bersama dengan nomor khusus untuk keamanan (sembilan digit tengah), dan karakter terakhir, yang berfungsi sebagai cek.

Apa itu kode ISIN? Format Kode ISIN

Apa itu kode ISIN? Format Kode ISIN

Contoh nomor ISIN untuk sertifikat saham perusahaan Indonesia  dapat terlihat seperti ini: ID-100011820-1 (tanda hubung disertakan untuk kemudahan). ID-100011820-1 adalah kode ISIN untuk Bank Rakyat Indonesia Tbk, sedangkan kode saham Bank Rakyat Indonesis Tbk di Bursa Efek Indonesia adalah BBRI. Di sisi lain, perusahaan Namibia teoretis dapat memiliki ISIN, yang muncul sebagai NA-000K0VF05-4. Sembilan digit tengah ISIN dihasilkan oleh komputer dalam formula yang rumit. Ini sangat penting dalam membantu melindungi dari pemalsuan dan pemalsuan.

ISIN jangan dikacaukan dengan simbol ticker, yang mengidentifikasi saham di tingkat bursa. Keamanan perusahaan dapat memiliki lebih dari satu simbol ticker tergantung pada platform perdagangan, tetapi keamanan hanya memiliki satu ISIN.

Sejarah Nomor Identifikasi Sekuritas Internasional (ISIN)

Penerimaan universal ISIN memungkinkan global straight-through processing (GSTP), yang merupakan penanganan kliring dan penyelesaian perdagangan secara elektronik. ISIN digunakan untuk melacak kepemilikan investor institusi dalam format yang konsisten di seluruh pasar di seluruh dunia.

ISIN pertama kali digunakan pada tahun 1981 tetapi tidak diterima secara luas sampai tahun 1989 ketika negara-negara G30 merekomendasikan pengadopsiannya.4 Setahun kemudian mereka disahkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). Pada tahun 1994, Mekanisme Akses ISIN Global dibuat untuk bertukar informasi ISIN secara elektronik di seluruh wilayah melalui proses pertukaran informasi digital yang disebut GIAM-2.

National Numbering Agency (NNA) yang relevan di setiap negara mengeluarkan ISIN. Di Amerika Serikat, ini adalah Biro Layanan CUSIP. Didirikan pada tahun 1964, Biro Layanan CUSIP dibentuk untuk meningkatkan standar nasional untuk industri jasa keuangan.5

Di Amerika Serikat, ISIN adalah versi tambahan dari nomor CUSIP 9 karakter dan dibentuk dengan menambahkan kode negara dua digit di awal nomor CUSIP dan menambahkan digit cek di bagian akhir.

Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) 6166 saat ini mendefinisikan struktur ISIN.6 Saat ini, ISIN dapat dialihkan ke sebagian besar bentuk sekuritas termasuk (namun tidak terbatas pada) saham ekuitas; unit dan/atau resi penyimpanan; instrumen utang termasuk obligasi; kertas komersial; kupon yang dilucuti dan jumlah pokok; T-bill; hak dan jaminan; turunan; komoditas; dan mata uang.



Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Warning: file_put_contents(/home/u1561136/public_html/wp-content/uploads/wpdiscuz/cache/comments/32122/437b7b3c3b2b8e847daca304c324a3b3_0): Failed to open stream: Disk quota exceeded in /home/u1561136/public_html/wp-content/plugins/wpdiscuz/utils/class.WpdiscuzCache.php on line 165